Bupati Awali Penukangan Program Bedah Rumah

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Kuryana Azis mengawali penukangan bedah rumah tidak layak huni (RTLH) yang dilakukan terhadap 100 unit rumah di kawasan perkotaan Baturaja, Kamis (21/09).

Sebaran 100 rumah tersebut di Kecamatan Baturaja Barat, meliputi Kelurahan Talangjawa, 34 rumah; Air Gading, 20 rumah; Saung Naga, 13 rumah; dan Batu Kuning, 5 rumah. Sementara Baturaja Timur, terletak di Kelurahan Kemalaraja, 28 rumah.

“Setiap rumah mendapat bantuan rehab sebesar Rp15 juta, termasuk di dalamnya pajak dan upah tukang. Jadi total biaya 100 rumah sebesar Rp1,5 milyar,” papar Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat OKU, Ir Aulia Mahdi, saat mendampingi Bupati.

Ir. Aulia Mahdi mengatakan kegiatan ini sebagai stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, untuk dapat meningkatkan kualitas rumah sehingga layak huni. “Tahun ini, ada 100 yang disentuh program rehab RTLH. Semuanya bersumber dari APBD OKU 2017.”

Sementara itu Bupati OKU, Drs. H. Kuryana Azis mengatakan, program bedah rumah ini merupakan program yang sudah lama dilakukan. Namun ini kali pertama dilakukan secara massal.

Ia berharap dengan adanya program ini dapat meringankan beban masyarakat OKU, dan berharap program ini dapat ditingkatkan lagi.