BUTUH PENDAMPINGAN HUKUM? KE PN BATURAJA SAJA, GRATIS

Pengadilan Negeri (PN) Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengukuhkan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) untuk OKU Raya. Pengukuhan oleh Ketua PN Baturaja Singgih Wahono itu dilaksanakan di Gedung SKB Baturaja, Rabu (17/5).

Singgih mengatakan, pengukuhan ini sebagai momentum untuk sosialisasi bahwa Posbakum siap memberikan bantuan hukum dan bekerjasama dalam perkara yang sedang dijalani.

Posbakum ini juga merupakan gabungan seluruh advokat, pengacara untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menjalani proses hukum.

“Sesuai amanat Mahkamah Agung (MA) bahwa setiap pengadilan harus ada posbakum, yang maksud tujuannya adalah memberikan pelayanan advokasi pendampingan dan konsultasi kepada masyarakat yang sedang berhadapan dengan hukum. Kemudian adanya kewajiban berdasarkan amanat undang-undang bahwa pengadilan menyediakan penasihat hukum bagi masyarakat secara cuma-cuma alias gratis,” terang Singgih.

Setiap anggota posbakum, lanjutnya, harus melakukan pendampingan kepada seluruh warga di OKU Raya terkait dengan perkara atau tindak pidana yang wajib didampingi oleh penasehat hukum. Antara lain mereka yang diancam dengan pidana di atas 5 tahun penjara serta pidana mati atau pidana seumur hidup.

“Jika masyarakat membutuhkan layanan konsultasi, silakan datang. Jangan jauh-jauh nyari ke luar Baturaja, dan jangan takut. Ini tidak diminta uang sepeserpun untuk pendampingan kuasa hukum,” lanjut Singgih.

Singgih juga meminta anggota Posbakum yang baru dikukuhkan, kiranya bekerja dengan profesional dan tidak menjadikan pengukuhan sebagai formalitas saja.

“Anda dibiaya negara untuk melakukan tugas pendampingan hukum, jangan hanya formalitas saja. Kalau ditanya ada tidak posbakum di PN Baturaja, ada, tapi tidak bekerja dengan baik,” pesannya.

Sumber: Muhammad Wiwin-RMOL