Daerah Rawan Bencana

Jenis potensi rawan bencana di Kabupaten Ogan Komering Ulu antara lain rawan bencana banjir, rawan bencana longsor, rawan bencana kekeringan dan kebakaran. Rawan bencana banjir diakibatkan karena kondisi hidrologi  sungai Ogan dan Lengkayap pada musim penghujan. Banjir disebabkan oleh DAS Ogan dan Lengkayap yang terjadi secara periodik terutama musim hujan. Kawasan rawan longsor dengan kerentatan tinggi di sepanjang DAS Ogan dan Lengkayap, lereng-lereng bukit terkena bencana tanah longsor, terutama jika kegiatan manusia menimbulkan gangguan pada lereng kawasan dan sempadan sungai. Kekeringan dan kebakaran tertutama terjadi pada saat musin kemarau. Pada saat musim kemarau cadangan sumber air baku berkurang baik air sungai, sumur, air PDAM. Hal ini diusahakan terutama masyarakat di perkotaan Baturaja.

a.
    Bencana  Tanah Longsor

Kawasan rawan bencana longsor dibedakan atas zona-zona berdasarkan karakter dan kondisi fisik alaminya. Zona berpotensi longsor adalah daerah/kawasan yang rawan terhadap bencana longsor dengan kondisi terrain dan kondisi geologi yang sangat peka terhadap gangguan luar, baik yang bersifat alami maupun aktifitas manusia sebagai faktor pemicu gerakan tanah. Berdasarkan hidrogeomorfologinya dibedakan menjadi tiga tipe zona sebagai berikut :

Zona Tipe A
Zona berpotensi longsor pada daerahlereng bukit, lereng perbukitan, dan tebing sungai dengan kemiringan lereng lebih dari 40%, dengan ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut
Zona Tipe B

Zona berpotensi longsor pada daerah kaki gunung, kaki pegunungan, kaki bukit, kaki perbukitan, dan tebing sungai dengan kemiringan  lereng  berkisar antara  21% sampai dengan 40%,dengan ketinggian 500 meter sampai dengan 2.000 meter di atas permukaan laut.

Zona Tipe C

Zona berpotensi longsor pada daerah dataran tinggi, dataran rendah, dataran, tebing sungai, atau lembah sungai dengan kemiringan lereng berkisar antara  0%  sampai dengan  20%, dengan ketinggian 0 sampai dengan  500 meter di atas permukaan laut.

b. Bencana Banjir

Zona tipologi kawasan rawan bencana banjir di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu berdasarkan intensitas kawasan rawan banjir dan kondisi fisik morfologi wilayah kabupaten  dapat dilihat pada tabel berikut.

;