Data Center Kabupaten OKU

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ulu telah membangun Data Center yang terletak di Gedung Lantai 2 Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU yang digunakan untuk mengelola dan memonitor Jaringan Pemerintah melalui Network Operation Center (NOC).

Data Center ini menjadi node strategis bagi pengelolaan sistem jaringan Teknologi Informasi, dengan topologi jaringan Data Center (Kominfo) dengan Internet 50 Mbps.

Data Center yang telah dibangun oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU ini memiliki fasilitas :

  1. Jumlah Rak        : 4 buah
  2. Jumlah Server     :  3 Unit dengan kapitas dan spesifikasi yang berbeda-beda.
  3. Jumlah Storage  :  > 3 TB
  4. Link Internet         :  50 Mbps

OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten OKU dapat memanfaatkan Hosting Data Center ini secara free (gratis) dalam menunjang pelaksanaan pelayanan publik dan Sistem Pemerintahan Berbasi Elektronik (SPBE). OPD yang telah memanfaatkan fasilitas Hosting di Data Center : Bagian ULP Setda OKU (Simpebaja), Bagian   Organisasi (Siska Perbapo), dan pointing domaian diantaranya SIM SAPA, SIM Lapor, SIM E-Planning, LPSE, E-Report LPSE.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mempercepat proses integrasi dan menghindari adanya inefesiensi sumber daya teknologi informasi Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu berharap adanya sinergitas antara akademis, bisnis dan goverment yang bertujuan untuk mempercepat integrasi jaringan dan pemahaman atas pemanfatan teknologi informasi serta assesment terhadap aplikasi yang akan di jalankan setiap masing masing OPD.

Beberapa prioritas dalam sinergitas yang dimaksudkan mencangkup jangka panjang dan pendek yaitu jangka pendek dimaksudkan terintegrasinya jaringan induk dengan jaringan OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten OKU  yaitu terhubungnya LAN + Server SKPD melalui Distribution switch (Fiber Optik) sedangkan Jangka Menengah assesment setiap aplikasi yang telah dan akan dibangun oleh masing masing OPD dalam rangka interoperabilitas aplikasi maupun data antar OPD dan penyajian informasi publik.