DEWAN MINTA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN JEMPUT BOLA

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan setempat, Senin (13/3).

Ketua DPRD Zaplin Ipani, Wakil Ketua DPRD Hj Indrawati beserta Ketua Banleg Martha Ariadi, tampak ikut serta mendampingi Ketua Komisi I Yopi Sahrudin dan anggotanya dalam lawatan tersebut.

Mereka diterima Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs Syahrial Abdullah beserta jajarannya.

Kunjungan kerja Komisi I ke dinas ini dalam rangka koordinasi dan konsultasi mengenai pengelolaan perpustakaan di Bumi Sebimbing Sekundang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs Syahrial Abdullah, mengaku tersanjung atas kunjungan “Pasukan Inti” DPRD OKU tersebut.

Di kesempatan itu, Syahrial minta dukungan dan support dewan terkait kebutuhan-kebutuhan di dinas yang dipimpinnya.

Diantaranya, kebutuhan mobil perpustakaan keliling serta minta dibangunkan lagi gedung dua lantai, di belakang gedung yang berdiri sekarang. Dimana lahannya sendiri sudah siap.

Untuk hal lain-lain, seperti tenaga/ pegawai menurut Syahrial, sudah mencukupi. Dan tidak ada permasalahan lain yang mengganjal selain kebutuhan yang disampaikan diatas.

“Kantor kita bersih dan cukup aman, tidak ada permasalahan. Hanya saja kantor ini dirasa sempit. Ada sekitar 30-akan pegawai, itu sudah termasuk saya, 3 Kabid dan 12 Kasi serta tenaga honor/ TKS,” katanya.

Untuk mobil perpustakaan keliling, ungkap Syahial, sebetulnya sudah ada satu. Tapi kendaraan dimaksud menurutnya sudah tidak layak.

“Jalannya saja sudah mengot-mengot. Itu merupakan mobil bantuan dari pusat tahun 2002 lalu, tapi bukan baru melainkan bekas pakai. Malu kita kalau dijalankan. Makanya kami minta dukungan supaya dinas ini maju,” ujarnya.

Ketua DPRD Zaplin Ipani, menyatakan pihaknya siap mendukung segala program dari SKPD-SKPD di lingkup Pemkab OKU yang tentunya bertujuan untuk memajukan OKU.

Hanya saja, untuk saat ini, pihaknya belum bisa berfokus merealisasikan banyak kegiatan lantaran terbentur dana.

“Dengan kemauan yang tinggi, mudah – mudahan walau tidak ada dana, minimal bantu sumbang pikiran,” katanya.

Ketua komisi I DPRD Yopi Sahrudin, menambahkan, bahwa selaku mitra komisi I, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ini selalu disupport pihaknya.

“Selama ini kami selalu support. Dari yang gedung semi permanen sampai bertingkat seperti sekarang. Ini capaian yang perlu diapresiasi dan patut kita syukuri,” imbuhnya.

Yopi yakin bahwa sebetulnya masih banyak kekurangan di Kantor ini selain yang disampaikan Kepala Dinasnya tadi.

Namun paling tidak, informasi awak yang disampaikannya tadi, mudah -mudahan dapat ditindaklanjuti.

“Ini tidak bisa omong doang (omdo). 2018 mudah – mudahan dapat terealisasi meskipun dengan beban anggaran bertambah. Tapi dengan izin Tuhan mudah-mudahan terkabulkan,” tandasnya.

Sementara itu, wakil ketua DPRD Hj Indrawati, menyarankan agar dinas kearsipan dan perpustakaan dapat berinisiatif mencari peluang dana/ bantuan dari pusat atau provinsi untuk dapat membantu kekurangan yang ada.

Sebab, dengan kondisi keuangan daerah yang tengah sulit, apa yang jadi kebutuhan dirasa sulit direalisasikan dengan menggunakan APBD.

“Cari peluang/ inisiatif selain dari dana APBD. Kalau seperti itu, kami siap bantu. Sebab kalau kita andalkan APBD, sudah bisa kita bayangkan. Mohon dari dinas ini, tindaklanjuti dan jemput bola. Mungkin banyak program lain di pusat sana,” demikian Indrawati. Sumber :rmolsumsel.com