Diskominfo Sumsel Apresiasi Bimtek SP4N LAPOR! Se-kabupaten OKU

Para Admin dan Penghubung  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU nampak antusias mengikuti Bimbingan Teknis Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. OKU di Hotel Grand Kemuning Baturaja, Selasa (04/12/2018).

Bimbingan Teknis dengan tema “Peningkatan Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemanfaatan Pelayanan Pengaduan Publik melalui SP4N-LAPOR!” itu menghadirkan narasumber Tim Fasilitator SP4N-LAPOR! Prov. Sumsel yang terdiri dari Transformasi GIZ, Kurniawan Wahid dan Kasi Pelayanan Media Informasi Publik, Azim Baidillah, SH, MH mewakili Kadis Kominfo Prov. Sumsel.

Rangkaian acara diawali Pembukaan Workshop Sosialisasi dan Bimtek SP4N-LAPOR! oleh Staf Ahli Bupati OKU Bidang Kemasyarakatan, Zulherry Amri, SH, M.Si serta didampingi Kadis Kominfo Kab. OKU, Yanius Zulfarino, SH, MH.

Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, dalam hal ini diwakili oleh Kasi Bidang PIP, Azim Baidillah mengapresiasi bimtek yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kabupaten OKU, diharapkan nya semoga Kabupaten-kabupaten lainya dapat ikut serta.

“Layanan pengaduan online ini telah didesain sebagai sebuah sistem yang fleksibel, adaptif dan akomodatif sehingga akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan dilengkapi dengan sistem pemantauan status pengaduan, sehingga apabila ada pengaduan yang tidak direspon maka dapat dilimpahkan kepada Ombudsman sesuai dengan ketentuan UU Ombudsman”, terang Azim Baidillah.

Dengan penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat akan berkontribusi langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik. Selain itu pemanfaatan SP4N-LAPOR! dapat mencegah terjadi nya tindak pidana korupsi, mengurangi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat.

“SP4N-LAPOR! Provinsi Sumsel sendiri tahun ini sudah masuk Top 25 terbaik se-Indonesia berdasarkan evaluasi dan penilaian melalui kompetisi SP4N-LAPOR! tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB. Kita harapkan, melalui Workshop dan Bimtek  yang kedua kita laksanakan di Baturaja OKU ini dapat mendorong pengintegrasian pengelolaan SP4N-LAPOR! di Sumsel”, ujar Kurniawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kab. OKU Yanius Zulfarino mengatakan, terkait pengelolaan SP4N-LAPOR! di OKU saat ini sudah terhubung dengan pusat.

Pihaknya juga sudah ada SK (Surat Keputusan) Bupati OKU tentang susunan tim pengelolan SP4N-Lapor! hingga pejabat penghubunnya pada OPD dilingkungan Pemerintah Kab. OKU. “Alhamdulillah, kedepan kita akan terus berbenah dengan didukung seluruh OPD, jadi bukan Kominfo saja melainkan akan dilibatkan semua”, ujarnya.

Selanjutnya diadakan Bimtek langsung bagi Admin dan Penghubung OPD langsung direspon dan ditanggapi oleh narasumber dan tim pengelolan SP4N-LAPOR! Provinsi Sumsel dengan memberikan arahan dan bimbingan agar dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduannya melalui sarana yang dapat diakses melalui Situs www.lapor.go.id,  bisa juga melalui SMS dengan Ketik sumsel (Spasi) isi laporan, kirim ke 1708 atau melalui media sosial Instagram @Lapor_sumsel, Twitter @Payo Lapor! Sumsel, dan Facebook Payo Lapor! Sumsel.

“Inilah gunanya SP4N-LAPOR!, jadi masyarakat bisa menyampaikan langsung aspirasi maupun laporan pengaduan pelayanan publik di daerahnya dengan ketentuan pengaduan yang dapat diakses kapan pun dan dimanapun. Jadi Kominfo disini mejebatani agar laporan yang disampaikan masyarakat dapat segera ditanggapi dengan cepat oleh instansi terkait” ungkap Kurniawan

 

Sumber : http://www.sumselprov.go.id/mobile/index.php?module=newsdetail&id=5131