GELAR BURSA INOVASI DESA, PEMKAB OKU HARAP PEMBANGUNAN DESA LEBIH INOVATIF DAN MANDIRI

Rapat Persiapan Bursa Inovasi Desa

Untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat, serta membangun kapasitas desa yang mandiri Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu akan menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa yang rencananya akan dilaksanakan bertempat di Gedung Kesenian Baturaja pada Rabu (29/11/2017).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. AHMAD FIRDAUS, M.Si yang diampingi Sekretaris Dinas PMD Yoyin Arifianto, AP, M.Si serta Kabid Lembaga Kemasyarakatan, Usaha Ekonomi Masyarakat Desa dan Teknologi Tepat Guna YULIA HASLINDA, S.IP, “Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa merupakan ajang untuk menampilkan kreativitas desa dalam pembangunan kewirausahaan, SDM, infrastuktur ataupun kegiatan ekonomi kreatif lainnya.”

Bursa Inovasi Desa bukanlah ajang pameran produk berupa barang melainkan ajang berbagi dan menggali ide-ide kreatif baik yang telah dilaksanakan ataupun yang baru direncanakan. Pada saat pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, warga desa melalui Kepala Desa dan Ketua BPD masing-masing dituntut untuk mengeluarkan ide kreatif yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018. Ide-ide yang telah didaftarkan pada saat Bursa Inovasi Desa menjadi komitmen desa untuk dimasukan dalam RKPDes dan dianggarkan melalui APBDes yang pelaksanaannya akan dipantau oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) Kecamatan pada tingkatan desa masing-masing.

“Seluruh desa akan diundang dalam kegiatan ini dan diharapkan kepada seluruh warga desa dapat menyumbangkan ide-ide kreatif untuk membangun desa melalui Kepala Desa dan Ketua BPD masing-masing” tutup Firdaus.