Hari Pertama Pendaftaran Bakal Calon Legislatif

Hari ini pertama dibukanya pendaftaran bakal calon anggota legislative. Komisi Pemilihan Umum (KPU), belum menerima partai politik yang datang mendaftarkan bacalegnya. Ketua KPU OKU Naning Wijaya didampingi Kasubag Teknis KPU OKU Andre mengatakan, belum ada parpol yang datang.

Ketua KPU mengatakan Operator parpol sudah diberikan pelatihan untuk mengisinya disilon.Sejauh ini, kata dia, belum ada parpol di Kabupaten OKU yang mengisi data bacalegnya di aplikasi silon tersebut.

“Kita harapkan parpol di OKU tidak menunda pendaftaran bakal calon anggota legislatif (caleg) Pendaftaran bakal caleg dimulai pada 4-17 Juli 2018.

Ketua KPU mengatakan  juga mengatakan sebetulnya, akan lebih baik jika partai politik memasukan data calonnya lebih awal pada proses pendaftaran peserta Pemilu 2019.

KPU sendiri memasukan syarat wajib bagi bacaleg untuk mendaftar melalui Silon dalam Peraturan KPU tahun 2018 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat,

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten/kota. Sebelum mengajukan dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota dari partai politik peserta pemilu sesuai tingkatannya wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen administratif bakal calon ke dalam Silon.