Jelang Penutupan Pendaftaran, Banyak Desa yang Belum Ada Perwakilan Calon Peserta PPS

Menjelang penutupan pendaftaran calon anggota Penitia Pemungutan Suara (PPS) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ogan Komering ulu (OKU) berahir pada rabu (25/10), masih banyak desa-desa di OKU yang belum ada perwakilan untuk menjadi calon anggota PPS.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU OKU Naning Wijaya didampingi Devisi SDM dan peranserta Masyarakat Yudi Risandi SSos MSi saat dibincangi usai pelaksanan tes tertulis PPK, Dihotel Sherin’S Syariah Baturaja, Selasa (24/10).

Diakui Yudi, masih banyak desa-desa yang belum ada calon anggota PPS yang mendaftar ke KPU OKU, padahal pihaknya telah menyebar informasi dan memgumumkan melalui camat dan kepala des/lurah sejak serentak dengan pengumuman Pendaftaran PPK beberapa waktu lalu.

“Ya jadi kendala bagi kita, karena pengumumannya sudah lama serentak dengan Pendaftaran PPK, mungkin belum saja kita tunggu besokkan penutupan mungkin mereka akan mendaftar pas penutupan” kata Yudi.

Di ungkapkan Yudi hampir di setiap desa di 13 kecamatan di OKU belum ada calon anggota PPS yang mendaftar, meskipun sudah ada yang mendaftar lanjut yudi masih belum mencukupi kuota yang dibutuhkan yakni minimal 3 orang.

“Kita akan bekoordinasi dengan pemerintah desa/kelurahan mengenai pendaftaran calon PPS ini” tandasnya.

Berdasarkan catatan KPU OKU desa-desa yang belum ada peserta calon PPS sebanyak 60 desa den rincian, Kec. Semidang aji 6 Desa, kec.Lubuk Batang 7 desa, Kec.Lengkiti 9 Desa, kec.Muara Jaya 1 Desa, Kec. Lubuk Raja 2 Desa, Kec. Sinar Peninjauan 3 Desa, Kec. Sosoh Buay Rayap 7 Desa, Kec. Pengandonan 5 Desa, Kec. Peninjauan 9 desa, Kec. Kedaton Peninjauan Raya 3 Desa, Kec. Baturaja Barat 3 Desa, Kec. Baturaja Timur 4 Desa dan Kec. Ulu Ogan 1 Desa.

Sementara itu beberapa orang kepala desa (Kades) yang desanya belum ada perwakilan calon peserta PPS yang berhasil dihubungi detiksumsel.com ada yang beralasan baru akan mengumumkan pendaftaran PPS, seperti yang diungkapkan kades Makartitama Kec. Peninjauan Wagiso yang mengatakan baru akan mengumumkan pendaftaran peserta PPK dan PPS, “baru mau diumumkan pak” ujarnya singkat.

Lain halnya dengan Kades Mendala Kecamatan Peninjauan Herwan Nizar, mengaku bahwa warganya enggan mendaftar PPS karena takut banyak titipan pejabat.

“Memang sampai hari ini belum ada warga yang mau mendaftar PPS, takut nggak lulus karena isu yang beredar seleksi penyelenggara pemilu banyak titipan,” ujarnya.

Sementara Kades Durian Nazarudin mengatakan bahwa dari warganya sudah ada yang mendaftar tapi di tolak KPU karena kurang legalisir Ijazah dan berharap agar syarat PPS di permudah, sedangkan Kades Karang Dapo Syamsir Alamsyah dan Kades Penilikan (SP4) Ratmanto mengatakan sudah di umumkan ke masyarakat, tapi entah apa sebabnya belum ada yang daftar.

“nanti saya sampaikan lagi ke warga melalui kadus masing- masing wilayah, agar segera menyampaikan ke masyarakat untuk mendaftar PPS” tukas Ratmanto.