Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sambangi Rutan Baturaja

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, Dr. H. Sudirman D. Hury mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Baturaja, kedatangan Kakanwil ini guna meninjau langsung kondisi dan keadaan Rutan Baturaja yang kerap mengalami over kapasitas, hal ini untuk memgantisipasi terjadinya gejolak serta kaburnya tahanan seperti yang terjadi di Rutan sialang bungkuk Pekanbaru Riau.

Tiba Dirutan Baturaja, Orang nomor satu di Kemenkumham Wilayah Sumsel ini disambut langsung oleh Kepala Rutan kelas II B Baturaja Herdianto beserta jajarannya. Satu persatu ruangan di setiap sudut rutan ditinjau oleh Sudirman, termasuk Ruang kunjungan, kantin dan Dapur Rutan juga tak luput dari perhatiannya.

“Kebersihan dapur menjadi perhatian sangat penting karena dapur merupakan tempat memasak makanan untuk memberikan asupan gizi dan makanan bagi warga binaan, maka harus selalu dijaga kebersihannya karena memberikan makanan kepada orang lain dapat menjadi suatu pahala bagi kita semua”, kata Kakanwil saat memberikan arahan kepada petugas dapur dan petigas Rutan

Diera Digitalisasi saat ini, lanjut Kakanwil meminta agar semua petugas rutan untuk lebih maju dan mengubah semua sistem yang ada kearah digitalisasi. Petugas rutan harus paham dengan tugas pokok dan fungsinya hal ini sesuai dengan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, “perlu adanya perubahan mindset, siapa berprestasi dia yang maju, kita harus memahami tugas dan fungsi kita masing-masing, jaga integritas moral dan bekerjalah dengan baik ingat jangan sekali-kali melakukan pungli” Pesan Karutan seraya mengajak para warga binaan untuk berinteraksi untuk mengetahui keadaan warga binaan.

Tak hanya Rutan Kelas II B Baturaja, Kakanwil juga meninjau Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (RUPBASAN)  Kelas II B Baturaja, yang kemudian dilanjutkan dengan meninjau Cabang Rutan Martapura, hal yang sama juga dilakukan Kakanwil di Cabang Rutan Martapura yang meninjau satu persatu ruangan dan kamar para warga binaan.

“Lakukan pembinaan dengan baik terhadap warga binaan, bangun sinergitas antara bawahan dan pimpinan, tingkatkan kompetensi, serta tingkatkan sinergitas dengan isntansi terkait” tukasnya.

 

Sumber : Detik Sumsel