Kartini OKU Unjuk Kebolehan Menghias Sayur dan Buah

Para Kartini Kabupaten Ogan Komering Ulu unjuk kebolehan dalam lomba Garnis (menghias sayur dan buah ) dalam rangka memeriahkan Hari Kartini ke -138 Tahun 2017 yang dipusatkan di Gedung Kesenian Baturaja, Kamis (20/4/2017).

Ketua GOW (Gabungan Organisaai Wanita) Kabupaten OKU, Dra. Hj. Indrawati, MH, didampingi Ketua Penyelenggara, Yeni, mengatakan lomba ini diikuti 20 peserta utusan dari Dharmawanita dinas instansi (DWP Unit) di Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas kaum perempuan.

Bahan yang digunakan berasa dari buah dan sayur-sayuran, dimana kreteria penilaian berdasarkan dari kreativitas menghias, bahan yang digunakan serta tingkat kesulitan dalam menghasilkan karya yang dilombakan.

Pantauan Sripoku.com dilapangan, suasana lomba Garnis ini berlangsung seru.

Para peserta berlomba-lomba menunjukan kemampuan menampilkan hasil karya terbaiknya.

Tampak semua hasil karya Ganis peserta memiliki daya tarik masing-masing

Hasil tangan-tangan terampil ini betul-betul membuat dewan juri harus bekeja keras untuk menentukan sang juara, dimana hasil karya yang ditampilkan betul-betul unik, menarik dan mewakili pesan yang ingin disampaikan melalui hasil karya seni yang memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda ini.

Ada yang mengangkat tema tentang profil Kabupaten OKU seperti tema yang diusung oleh Garnis yang ditampilkan DWP Unit Dinas Pendidikan, dengan hiasan jembatan Ogan, yang dibawahnya mengalir Sungai Ogan serta ada ornamen-ornamen pendukungnya seperti rakit (lanting dari bambu).

Kemudian Dinas Perikanan dengan menampilkan karya seni seekor ikan emas dibuat dari buah semangka yang cukup banyak menyita perhatian.

DWP Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak menampilkan hasil karya dengan tema yang pas dengan Peringatan Hari Kartini juga menyita perhatian.

Keluar sebagai juara utama masing-masing juara 1 DWP Unit Dinas Lingkungan Hidup, Juara 2 DPW Unit Dinas Pendidikan dan Juara 3 DWP Unit Dinas Perikanan.

Kemudian juara harapan 1 IWAPI , juara harapan 2 DWP Dinas Ketahanan Pangan dan juara harapan 3 Dinas PP dan PPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).

Dikesempatan itu Ketua GOW juga mengatakan, di moment peringatan Hari Kartini tahun ini berbagai perlombaan diselenggarakan untuk memacu kemampuan kaum perempuan sebagai wujud syukur terhadap perjuangan RA Kartini yang sudah membuka wawasan dan sudut pandang terhadap kaum perempuan.

Dikesempatan itu juga, Ketua GOW juga berpesan sebagai wanita moderen yang kini menikmati hasil perjuangan RA Kartini, agar tidak melupakan kodratnya sebagai ibu dari anak-anak dan isteri sebagai sebagai pendamping suami.