Maaf Blanko e-KTP Saat Ini Kosong

Persoalan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) masih saja menjadi masalah bagi pemerintah daerah. Di mana aat ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ulu (OKU), tidak bisa melayani cetak e-KTP bagi masyarakat setempat karena kosongnya blanko.

Sebagaimana disampaikan Kepala Disdukcapil OKU, H Ajahari melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Rasidi bauwa sebanyak 22.000 masyarakat yang telah merekam e-KTP di Dinas Dukcapil OKU, terpaksa harus menunggu karena blanko masih kosong. “Mengenai blanko e-KTP, itu merupakan kewenangan pemerintah pusat. Kami juga di daerah hanya melakukan rekam data wajib e-KTP,” ujar Rasidi, Selasa (04/04).

Lanjut dia, berdasarkan informasi yang diperoleh, untuk memenuhi kebutuhan blanko e-KTP pemerintah pusat, sedang dalam proses tender. Menurut dia, kendala demikian itu bukan hanya terjadi di OKU, melainkan seluruh daerah mengalami persoalan yang ada. Dengan keadaan ini, agar urusan masyarakat tidak terhambat, maka pihaknya menerbitkan KTP sementara yang berlaku enam bulan.

“Fungsi dari KTP sementara, sama halnya dengan e-KTP. Hanya saja, masa berlakunya yang terbatas enam bulan. Jadi setiap perusahaan yang membuka lamaran serta masyarakat akan melakukan transaksi perbankan, harus menerima KTP sementara tersebut dan memiliki kekuatan hukum, dengan payung hukumnya mengacu kepada surat edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),” terangnya.

Saat ditanya jumlah kebutuhan blanko e-KTP, Rasidi mengatakan, pihaknya tidak pernah bisa memastikan berapa banyak blanko yang diperlukan di OKU. “Ini untuk yang 22.000 yang sudah merekam saja belum tentu disetujui seluruhnya oleh pusat. Namun, kita ambil sisi positifnya saja, mudah-mudahan seluruhnya dari 22.000 warga yang telah merekam disetujui semua oleh pusat,” tukasnya. sumber : fornews.co.