OKU Kembali Raih Piagam WTP untuk Kedua Kalinya

Berkat kegigihan Pemerintah Kabupaten OKU bersama SKPD dan DPRD tahun ini Kabupaten Ogan Komering Ulu kembali menerima predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Predikat Penilaian Tertinggi terhadap Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI ini merupakan pengakuan terhadap kinerja seluruh jajaran Pemkab OKU dibawah kepemimpinan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dan Wakil Bupati OKU Drs Johan Anuar SH MM didukung oleh pihak legislatif.

Hal itu dikatakan Sekda OKU H Marwan Sobrie SE MM menjelaskan, penghargaan WTP tahun 2017 ini diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel Maman Abdurrahman kepada Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dan Ketua DPRD Kab OKU Zaplin Ipani SE.

Sekda menjelaskan, tahun ini untuk yang kedua kalinya OKU menerima predikat WTP setelah tahun 2016 lalu menerima penghargaan serupa .

WTP ini adalah bukti hasil kerja keras dan sinergi antara seluruh jajaran pemerintah Kab OKU dan DPRD Kabupaten OKU dan dukungan masyarakat OKU.

Dikesempatan itu Sekda mengatakan, keberhasilan OKU mempertahanan predikat WTP dua tahun berturut-turut ini merupakan bukti keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten OKU dalam pengelolaan keungan negara dan aset daerah.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diterima Pemerintah Kabupaten OKU ini diharapkan akan menjadi semnagat bagi sleuruh jajaran Pemkab OKU dan pihak legislatif dalam menjalankan roda pemerintahan demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Marwan Sobrie, pengelolaan asset dan keuangan daerah Kabupaten OKU memang sudah bagus. Lebih jauh sekda menegaskan, untuk mendapatkan pengakuan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Semua kreteria itu sudah dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten OKU” jelas Sekda seraya menambahkan itulah yang menjadi kunci keberhasilan Kabupaten OKU mendapat pengakuan WTP BPK.

Sumber : palembang.tribunnews.com