Pasca Gempa BPBD Kab. Ogan Komering Ulu Tetapkan Status Siaga Satu

Baturaja- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Hemni Rusdi SE menegaskan, bahwa gempa yang mengguncang OKU pukul 08.06 WIB pagi tadi berasal dari patahan lempengan yang berada di Gunung Megang Kabupaten Muara Enim. Hal tersebut menjawab pertanyaan masyarakat OKU yang banyak mengatakan jika gempa tersebut terjadi di Desa Mendingin Kecamatan Ulu Ogan.

“Dari laporan BMKG Provinsi yang kita dapat, gempa yang terjadi di kedalaman 10 KM barat daya Kabupaten Ogan Komering Ulu, namun tidak ada dampak di desa Mendingin. Malah Yang seharusnya terkena dampak Kecamatan Lengkiti karena jalur patahan lempengan Gunung Megang mengarah ke kecamatan Lengkiti,” kata Hemni saat dihubungi Minggu (20/8).

Saat ditanya bagaimana dampak gempa terhadap bangunan yang ada di OKU, Hemni menjelaskan tidak ada kerusakan yang berarti di OKU.

“Kita sudah menyebar tim ke daerah-daerah untuk mengecek kerusakan, termasuk kita sudah menghubungi para camat. Menurut pantauan gempa hanya sekali namun kemungkinan gempa susulan mungkin saja akan terjadi, kita tidak tahu kehendak Allah,” tambah Hemni.

Karena itu, lanjut Hemni, pihaknya sudah menetapkan status Kabupaten OKU menjadi siaga satu. Dimana pihak BPBD langsung melakukan persiapan peralatan jika saja bakal ada gempa susulan, dan sudah menyiapkan tenda bila memang akan ada kerusakan disuatu daerah.

“Kita sudah menyiagakan seluruh peralatan yang ada untuk mengantisipasi gempa susulan, seluruh relawan sudah kita sebar keseluruhan daerah untuk memantau. Jika hal yang tidak kita inginkan terjadi kita sudah siap,” pungkasnya.

sumber : www.rmolsumsel.com