Pemantapan PPID, Diskominfo OKU Kunjungi Komisi Informasi Sumsel

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Komering Ulu mengadakan kunjungan kerja dan konsultasi ke Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka pemantapan pelayanan informasi publik melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten OKU, Selasa (18/12/2018).

Rombongan yang dipimpin langsung Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten OKU, Januar Effendi itu tiba di kantor KI Provinsi Sumsel diterima Wakil Ketua Komisioner KI Provinsi Sumsel, M. Zaky Shahab, anggota Komisioner KI Provinsi Sumsel H. Agus Srimudin, dan Elda Mutilawati serta Sekretaris KI Provinsi Sumsel, Ustirah.

Wakil Ketua Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumsel, M. Zaky Shahab, mengatakan, sebagai lembaga yang mengawasi tentang pelayanan informasi publik, pihaknya sangat menyambut baik kedatangan Dinas Kominfo OKU untuk konsultasi pemantapan PPID.

“Dinas Kominfo Kabupaten OKU ini memiliki langkah yang cukup maju, dapat dilihat dari ¬†upaya yang dilakukan dalam pemantapan pelayanan informasi publik di OKU melalui PPID,” ungkapnya.

Lebih lanjut M. Zaky Shahab mengatakan, Komisi Informasi Provinsi Sumsel sangat mengharapkan adanya keinginan dari Pemerintah Kabupaten OKU untuk membentuk Komisi Informasi di Kabupaten OKU. Hal tersebut menjadi harapan besar komisioner KI Provinsi Sumsel di masa periode jabatan komisioner saat ini.

Menurut Zaky, jika sudah terbentuk, OKU akan menjadi Kabupaten pertama di luar Jawa yang membentuk Komisi Informasi. “Kami sangat mendukung dan akan terus mendorong. kita sudah komunikasi langsung dengan Ketua dan temen-temen komisioner semua mendukung”, katanya.

Jadi, Jika ada problem atau sengketa informasi di OKU cukup bisa diselesaikan di Kabupaten itu. Kita inginkan juga nanti setelah terbentuk Komisi Informasi OKU bisa menjadi percontohan bagi kabupaten dan kota lainnya”, terang Zaky.

“Bapak Gubernur sendiri sangat mendukung, saat menerima audiensi kami Komisioner Komisi Informasi, beliau (Gubernur Sumsel) menyampaiakan bahwa mendukung dan mendorong terbentuknya Komisi Informasi di Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan. Untuk itu, kita akan melakukan sosialisasi dan mendorong pembentukan Komisi Informasi diseluruh Kabupaten dan Kota”, lanjut Zaky.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten OKU, Januar Effendi mengatakan, kunjungan dan konsultasi itu sebagai langkah kongkrit perbaikan pelayanan informasi di Kabupaten OKU. Menurutnya, masih banyak instrumen yang harus pelajari dalam hal keterbukaan informasi publik di OKU.

“Kita pada prinsipnya mengapresiasi arahan dan bimbingan yang disampaikan KI (Komisi Informasi), memberikan pencerahan kepada kita di Kabupaten OKU dalam pelaksanaan Undang- Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Hasli pertemuan ini akan menjadi pedoman untuk kita melakukan perbaikan dalam pelayanan PPID di Kabupaten OKU”, ungkap Januar Effendi.

Lanjut Januar, PPID OKU semakin hari akan diupayakan terus dikuatkan baik dari segi instrumen pendukung, standar operasional prosedur, dan pendukung lainnya termasuk penguatan sumberdaya manusianya.

“Kadatangan kami di Komisi Informasi ini salah satu upaya untuk penguatan PPID di Kabupaten OKU. Hasil pertemuan ini akan kita sampaikan juga kepada Bupati OKU termasuk wacana pembentukan Komisi Informasi di OKU. Kami ingin terus berbenah dan akan tetap mengupayakan”, tegasnya.

Terkait pembentukan KI di Kabupaten OKU, Januar Effendi mengatakan, hal tersebut akan menjadi suatu wacana yang menarik untuk diskusikan secara mendalam dengan pimpinan di daerahnya bersama unsur terkait mengkaji kemungkinan kemungkinan untuk ditindaklanjuti.

Menurutnya, mungkin ini akan banyak mendatangkan manfaat untuk percepatan pelayanan, termasuk hal-hal yang bersifat gugatan, pendampingan, pengkajian, penganalisaan terhadap informasi yang masih dalam proses perbedaan persepsi antara pemohon dan penyedia informasi.

“Jadi, kami akan lihat nanti urgensinya seperti apa baik dari sisi kebutuhan, volume, frekuensi dan indikator lain. Jadi ini menjadi informasi dan wacana yang akan kami kaji lebih dalam lagi”, pungkasnya.

 

sumber :http://www.sumselprov.go.id/mobile/index.php?module=newsdetail&id=5151