Pemkab OKU Terima CPNS Sebanyak 225 Orang dan Ini Formasinya

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akan dibuka mulai tanggal 19 September 2018 mendatang. Di Kabupaten OKU, jumlah kuota penerimaan CPNS adalah 225 orang. Jumlah tersebut lebih tinggi dari usulan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) OKU, yang mengusulkan 210 CPNS. Kepala BKPSDM Pemkab OKU, Mirdaili mengatakan, untuk rekrutmen CPNS di Kabupaten OKU ternyata mendapat kuota sebanyak 225 orang.

Mirdaili menyebutkan, dari kuota sebanyak 225 orang itu terdiri dari, 148 orang untuk formasi jalur umum pendidikan dalam hal ini tenaga Guru, 51 orang untuk formasi kesehatan, 09 orang tenaga teknis dan 17 orang formasi jalur khusus honorer K2. Jadi total kuota CPNS di OKU sebanyak 225 orang, ujar Kepala BKPSDM Pemkab OKU kepada Samudra.news, diruang kerjanya. Rabu (12/09).

Ditambahkan Mirdaili, untuk kuota khusus, itu dikhususkan untuk K2, penyandang disabilitas, serta Sarjana yang memperoleh nilai Cumlaude akan ditentukan kemudian, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan menerima informasi lebih lanjut dari BKN. Dilanjutkan oleh Kepala BKPSDM, jumlah honorer K2 di Kabupaten OKU saat ini mencapai 509 orang. Mereka tetap ikut tes seleksi asalkan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Namun kepastian tahapannya masih menunggu setelah BKD rapat di BKN, jelasnya.

Kepala BKPSDM dan Kepala Inspektorat OKU

Saat disingung banyak usia honorer K2 yang diambang batas, Mirdaili menjelaskan, hal itu sudah ditentukan mulai berusia 18 tahun hingga 35 tahun. Kita sudah mengusulkan karena banyak yang sudah mengabdi lama hingga usianya melebihi ketentuan. Itu masih menunjuk ketentuan dari pusat. Meski K2 tapi usia di atas 35 tahun ya mereka tidak bisa mengikuti rekrutmen, namun jangan berkecil hati khusus K2, nantinya pemerintah akan mengakomodasi mareka sebagai tenaga kontrak, ujarnya.

Kepala BKPSDM Pemkab OKU selaku perpanjangan tangan pelaksana seleksi nasional CPNS menyampaikan bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi. Selanjutnya proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Selanjutnya untuk kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018 hingga saat ini direncanakan akan dilaksanakan di Palembang. Fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah. Untuk update persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing Instansi sedang menginput seluruh formasi. Dengan demikian web sscn.bkn.go.id akan difungsikan setelah semua K/L/D memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran. Proses ini akan memakan waktu sampai dengan 18 September 2018.

Selain itu, pemerintah juga membuka pintu lebar untuk pelamar yang lulus Cumlaude. Alokasinya 5% untuk pemerintah daerah dari setiap instansi. Kemudian, lanjut Mirdaili, peluang juga dibuka untuk pelamar yang juga penyandang disabilitas 1%. Terakhir, lanjutnya adalah formasi untuk tenaga honorer golongan K2 atau khusus untuk jabatan guru dan tenaga kesehatan yang pernah mengikuti test tahun 2013 yang lalu serta harus diperlihatkan sebagai persyaratan, pungkasnya.

 

 

sumber : http://samudra.news