Personil Posko Kecamatan Jangan Lalai

Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mulai disiagakan. “Mulai minggu kemarin semua peesonil Satgas Karhutla, karena cuaca sudah mulai kemarau,”kata Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari melalui Kapolsek Peninjauan AKP Rakhmat Haji.

Dikatakan Kapolsek, pihaknya menghimbau masyarakat dalam membuka kebun jangan ada yang membakar lahan dan hutan, karena sudah semenjak beberapa bulan yang lalu himbauan ini sudah di sampaikan kepada masyarakat melalui Kepala Desa.

“Kami tidak bosan-bosan menghimbau dan mengingatkan jangan ada yang membakar hutan dan lahan, dan ini sudah sering di sampaikan melalui selebaran yang di bagikan langsung kepada warga juga melalui pemerintah desa setiap rapat bulanan.

Kapolsek mengatakan, setiap terjadi kebakaran satgas karhutla disetiap desa bersama warga harus segera melaporkan setiap kejadian kebakaran,”diminta kepada masyarakat siaga 1, dalam menghadapi musim kemarau, dan segera melapor jika terjadi kebakaranm,”tegas Kapolsek berpangkat balok tiga ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) Himda Fauzal, SH, MM mengakui pihaknya menyiagakan satu unit mobil PBK di setiap Kecamatan dengan dibantu 21 personil petugas.

“Hampir setiap kecamatan dalam wilayah Kabupaten OKU sudah ada unit mobil PBK, kecuali di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Sinar Peninjauan dan KPR,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) OKU menghimbau kepada personil diposko kecamatan untuk siaga setiap saat,”Kepada petugas posko PBK jangan lalai, pastikan tangki mobil pemadam berisi penuh setiap saat, demikian juga dengan bahan bakarnya.