Pertambangan dan Energi

Sektor Pertambangan dan Energi merupakan sektor andalan yang memberikan kontribusi terbesar urutan kedua terhadap PDRB di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sektor ini menyediakan sumber energi untuk rumah tangga, bahan baku industri dan sumber pendapatan daerah. Kabupaten Ogan Komering Ulu memiliki produksi dan potensi bahan tambang berupa gas bumi yang terdapat di Kecamatan Peninjauan dan Lubuk Batang, yaitu masing-masing sebesar 5 KKS (Kontrak Kerja Sama) dan 1 KKS. Sedangkan produksi dan potensi bahan tambang berupa panas bumi terdapat di Kecamatan Ulu Ogan sebesar 1 KKS. Selain itu, di Kabupaten Ogan Komering Ulu juga terdapat pertambangan mineral bukan logam dan batuan berupa batu kapur dan tanah liat. Produksi Batu Kapur tahun 2014 mencapai 1.394,31 ribu ton/m3 dan galian tanah liat sebesar 604,63 ton/m3.

Di samping cadangan batubara, minyak dan gas bumi, sub sektor energi potensial untuk dikembangkan antara lain tenaga air dan panas bumi. Potensi tenaga air terjun di Desa Ulak Lebar cukup besar yang dapat dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Sedangkan potensi panas bumi terdapat di Bukit Lumut Kecamatan Ulu Ogan yang potensial untuk dikembangkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.

Berdasarkan data RTRW Kabupaten OKU Tahun 2012 – 2032 dan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ogan Komering Ulu serta sumber informasi media elektronik lainnya, bahwa potensi kekayaan alam yang ada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat dikategorikan cukup melimpah. Secara rinci ketersediaan dan lokasi serta manfaat potensi sumberdaya alam di Kabupaten Ogan Komering Ulu dapat dilihat pada tabel berikut.