Peternakan dan Perikanan

Selain sektor pertanian tanaman pangan dan perkebunan, Kabupaten OKU juga memiliki potensi dan peluang besar untuk pengembangan sektor peternakan dan perikanan. Jenis ternak yang diusahakan di Kabupaten OKU antara lain sapi, kerbau, kambung, ayam dan itik.

Secara umum populasi sapi di Kabupaten OKU tahun 2011 mencapai 22.436 3kor, kerbau sebanyak 3.813 ekor dan kuda 241 ekor. sedangkan populasi ternak kecil adalah domba sebanyak 714 ekor, babi 413 ekor dan kambing 14.973 ekor. sementara itu populasi ternak unggas yaitu ayam pedaging sebanyak 48.972 ekor, ayam buras sebanyak 187.566 ekor, itik sebanyak 35.673 ekor dan ayam petelur 9.426 ekor.

Komoditi peternakan unggulan di Kabupaten OKU adalah ternak sapi potong dengan wilayah penyebaran di Kecamatan Lubuk Batang, Sinar Peninjauan, Lubuk Raja dan Baturaja Timur. Meskipun populasi ternak telah terjadi peningkatan yang cukup menggembirakan, akan tetapi belum dapat memenuhi kebutuhan konsumsi daging masyarakat Kabupaten OKU, sehingga untuk memenuhinya harus mendatangkan dari luar daerah terutama daging sapi dan daging ayam.

Perikanan di Kabupaten Ogan Komering Ulu didominasi oleh perikanan kolam dengan total luas areal perikanan 581,18 hektar sementara luas areal perikanan kerambah hanya 77,78 hektar, untuk komoditi perikanan unggulan adalah ikan mas, ikan nila dan ikan patin.

Produksi hasil perikanan di Kabupaten OKU terus meningkat setiap tahunya, dimana pada tahun 2011 pertumbuhan produksi perikanan mencapai 94,61%. Produksi hasil perikanan terbesar didominasi oleh budidaya perikanan kolam yang mencapai 10.714 ton, disusul oleh ikan hasil tangkapan dari sungai seberat 3.691 ton.

KOMODITAS UNGGULAN PETERNAKAN DAN PERIKANAN KABUPATEN

No Komoditi Wilayah Penyebaran
1. Sapi potong – Lubuk Batang, Sinar Peninjauan, Lubuk Raja dan Baturaja Timur
2. Ikan Mas – Ulu Ogan, Pengandonan, Muara Jaya
3. Ikan Nila – Seluruh Kecamatan di Kabupaten OKU
4. Ikan Patin – Lubuk Batang, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur