Juli Mendatang Pilkades Serentak di OKU

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengalokasikan dana sebesar Rp600 juta untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 12 desa yang akan dihelat tahun ini. Dana tersebut tidak disebar secara merata, tetapi disesuaikan dengan jumlah mata pilih dan tempat pemungutan suara (TPS) di setiap desa.

Menurut Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU, Yoyin Alifiyanto, S.STP, M.Si mengatakan, dana tersebut diperuntukan kebutuhan logistik, honor panitia dan kebutuhan lainnya.

Hampir sebagian besar kebutuhan Pilkades dibiayai dari dana tersebut, Sementara tahapan Pilkades serentak ini sudah dimulai sejak tahun lalu. Untuk tahapan lainnya seperti pembentukan panitia di desa, pendaftaran calon kades, kampanye, pencoblosan serta penghitungan suara sudah terjadwal.

Untuk pemungutan suara Pilkades serentak digelar pada 23 Juli mendatang sebanyak  12 Desa di OKU yang akan melaksanakan Pilkades diantaranya, Desa Lubuk Kemiling, Kedaton Timur dan Sukapindah Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Desa Sumber Bahagian Kecamatan Lubuk Raj, Desa Tanjung Makmur Kecamatan Sinar Peninjauan, Desa Espetiga kecamatan Peninjauan, Desa Kemala Jaya kecamatan Muarajaya, Desa Sukamaju dan Karang Agung Kecamatan Baturaja Barat,
Desa Gunung Liwat Kecamatan Pengandonan, Desa Mekarjaya Kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Desa Sundan Kecamatan Lengkiti.