TINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT, POLRES OKU GELAR PROGRAM SOREO

Baturaja, Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau yang dahulu lebih dikenal dengan Surat Keterangan Kelakuan Baik di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Polres Ogan Komering Ulu menggelar SKCK On The Road (SOREO), dengan tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan mewujudkan Zona Integritas Polres OKU.

Hal tersebut disampaikan Kapolres OKU AKBP. Dra. NK. Widayana Sulandari melalui Kasat Intelkam Polres OKU AKP. Hendro.S, SH., saat dihubungi wartawan di Polres OKU.

“Guna memberikan pelayanan kepada masyarakat, Polres OKU mengadakan giat SKCK On The Road (SOREO), kegiatan ini kita gelar 2 kali dalam sepekan, yaitu pada hari Senin dan Kamis” ujar Kasat Intel.

Menurut Kasat Intel SKCK On The Road (SOREO) dilaksanakan di Polsek-Polsek wilayah hukum Polres OKU, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat di kecamatan dalam memperoleh pelayanan SKCK utamanya masyarakat yang jauh dari ibukota kabupaten.

Terkait biaya pembuatan SKCK, AKP. Hendro menjelaskan bahwa pihaknya memungut biaya pembuatan SKCK sesuai dengan ketentuan PP. NO. 60 Tahun Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Di lingkungan Polri. yaitu sebesar Rp. 30.000.

“Untuk biaya pembuatan SKCK hanya tiga puluh ribu rupiah, ini sesuai ketentuan PNBP dalam PP No 60 tahun 2016” jelasnya.

Kasat Intel juga menjelaskan bahwa guna mendukung penerbitan SKCK, maka ada juga pelayanan perumusan sidik jari pada kegiatan SKCK On The Road tersebut, perumusan sidik jadi akan diawaki oleh Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres OKU yg ikut dalam giat tersebut.

“Selain pelayanan dari Polsek, pelayanan SKCK Polres juga mem back-up pelayanan pembuatan SKCK Polsek-Polsek yang ada di wilayah hukum Polres OKU, hal ini bertujuan agar kita mampu memberikan pelayanan terbaik bagi warga masyarakat serta mewujudkan zona integritas Polres OKU” pungkas AKP. Hendro.

Zona Integritas adalah program prioritas Kapolri yang dilaksankan di lingkungan Polri berupa pemberian predikat yang diberikan kepada Polri yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik mulai dari Kapolri dan jajarannya.

Kegiatan SOREO di Kelurahan Talang Jawa Kec. Baturaja Barat

Program SOREO Polres OKU mendapat tanggapan positif dari masyarat OKU, salah satunya Lurah Talang Jawa Kecamatan Baturaja Barat Jaka Atmajaya, S.STP dimana dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres OKU dan Pemkab OKU atas terselenggaranya SKCK On The Road tersebut.

“Masyarakat sangat antusias menyambut kegiatan SKCK On The Road ini, karena masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Polres OKU untuk mengurus SKCK, dan yang utama pelayanan sangat cepat” ujar Lurah Talang Jawa saat ditemui pada kegiatan SOREO di Kelurahan Talang Jawa beberapa waktu yang lalu.

Pihaknya pun berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus dilanjutkan karena sangat mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

“Harapan kami program-program seperti ini kedepan lebih sering dilaksanakan, karena program seperti ini sangat membantu dan mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen yabg salah satunya SKCK yang sangat mereka butuhkan”