TNI – PEMKAB OKU RAYA BAHU-MEMBAHU TANGGULANGI BENCANA

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Raya (OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan) menggelar latihan bersama penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor.

Latihan digelar di Markas Kodim 0403/OKU itu sebagai upaya mengaplikasikan rencana operasi. dan menguji protap satuan  serta komando, kendali, komunikasi, komputerisasi dan informasi.

“Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dan dilatih sebelumnya, agar menguasai dan mahir melaksa akan prosedur kerja antara komandan dan staf,” kata Danrem 044/GAPO Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo melalui Kasrem 044/GAPO, Letkol Inf Imanulhak,  Rabu (17/5).

Baik dari tahap perencanaan kemudian persiapan dan pengendalian suatu operasi serta mampu berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk mengatasi permasalahan sekaligus memecahkan persoalan yang timbul akibat bencana alam.

Dia menambahkan, para peserta latihan akan diberikan berbagai persoalan dan permasalahan yang beraneka ragam. Sesuai dengan tingkat perkiraan situasi dan kondisi yang ada di wilayahnya masing-masing. Yang harus segera dipecahkan dengan mengambil langkah-langkah sesuai prosedur yang berlaku secara cepat dan tepat.

“Latihan ini juga untuk melatih deteksi dan cegah dini. Terhadap gejolak sosial yang mungkin terjadi ditempat bertugas. Teknis penanganan masalah dilakukan secara bersama dan terpadu,” tambahnya.

Adanya latihan tersebut, lanjutnya diharapkan bisa mengatasi bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di lingkungan masyarakat. Sehingga tercipta dan tetap terpeliharanya kondisi yang aman dan stabil di daerah.

 

Sumber: Muhammad Wiwin-RMOL