UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA KE-91

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tingkat Kab OKU Dilaksanakan di Halaman Pemkab OKU (Senin, 28 Oktober 2019). Wabup OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., selaku Inspektur upacara dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah di bangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Wabup menambahkan tema Bersatu Kita Maju ini, sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia.

Kalau generasi muda terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Pada kesempatan ini Wabup OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M , menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada pemuda pelopor dan berprestasi Kab OKU tahun 2019.